Wednesday, November 26, 2014

Tips Sukses Usaha Sampingan Cuci Motor Modal Kecil Cepat Balik Modal

usaha sampingan
Usaha sampingan cuci motor bisnis ini relatif mudah dan hanya membutuhkan modal yang relatif kecil . Apalagi jika kita memiliki rumah dengan halaman luas dan strategis .

Apa pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan usaha sampingan cuci motor


1.) Standar kebersihan motor dan cara membersihkan

2.) Pengetahuan umum tentang sepeda motor . Terutama bagian-bagian mesin yang tidak boleh terkena air

3.) pembukuan sederhana .

Untuk  modal awal , dan pendapatan operasional bulanan  persyaratan untuk memulai bisnis Cuci motor

1.) Tempatkan luas minimum 3 x 4 m untuk kapasitas 2-3 motor berjajar

2.) Alat operasional: Pompa Air, Kompresor , sabun / sampo , sikat , kain ( chamois ) , semir ban dan sikat untuk mengoles

3.) Tenaga kerja  Minimal 2-3 orang . Salah satu sebagai koordinator untuk melayani pembayaran dari konsumen dan pencatatan di buku administrasi .

 Sebelum Anda mulai usaha sampingan cuci motor ada beberapa yang harus diperhatikan .

 1. Lokasi usaha harus strategis dan nyaman bagi konsumen untuk menunggu . Jangan takut dengan pesaing , cobalah untuk berpikir dari sudut pandang Cuci motor .tempat seperti apa yang paling cocok ? tentu harus mudah ditemukan , tempat tunggu itu harus bersih, dan ada  ( kursi, meja ) biar nyaman nyaman , dapat diberikan tv , dll .

 2. Cari dan tenaga kerja terlatih untuk menjaga semangat dan rajin bekerja . Menjaga perilaku pekerja agar tetap sopan dan berhati-hati dalam mencuci motor sehingga tidak timbul keluhan sehingga tidak ada goresan atau bagian yang rusak .

3. Tambahkan  gaji pokok dan sistem insentif bagi pekerja . Hitung insentif berdasarkan jumlah motor yang mereka cuci a .gar pekerja tetap semangat bekerja.

4. Pertimbangkan jam kerja dan makan pekerja istirahat .

Untuk membuat tambah asik n mantap ... ada juga tips promosi yang bisa membuat orang berbondong-bondong untuk tenpat bisnis Anda.

1. Pertama pastikan papan nama atau banner (sebaiknya plastik ) yang mencolok. Buat nama bisnis Cuci sepeda Anda seunik mungkin . Contoh: Cuci motor GP , Cuci motor Inn 20 Menit

2. Tawarkan Cuci motor unik..yang membedakan bisnis Anda dari yang lain . Contoh : Tambahan fasilitas , polishing jari-jari sepeda motor, jaminan mencuci  20 menit selesai, dll

3. Buat berbagai promosi untuk menarik pelanggan baru . Seperti semua orang yang datang sebelum 09:00 akan menerima diskon 50 % adalah cara yang ampuh untuk menarik orang untuk mencuci sepedanya pagi sehingga orang lain akan melihat dan berpikir ... wow , di mana Cuci Motor pagi adalah layanan penuh dan ramai..pasti bagus .

4. kerjasama dengan lembaga-lembaga seperti komunitas atau jaringan ... FIF (motor kredit) bermotor kredit setiap orang yang dapat diskon atau sepeda gratis cuci 1 kali , mendistribusikan promo gratis mencuci Motor / diskon kepada pekerja pabrik , dll

5. Buat seragam untuk karyawan Anda . Jangan tanggung-tanggung, untuk kemeja seragam cukup bagus,.kenakan juga sepatu bot dan sarung tangan .

 Seragam dapat meningkatkan rasa percaya diri dan rasa memiliki karyawan . Selain itu, konsumen juga akan tumbuh percaya diri karena bisnis sepeda mencuci tampaknya usaha keren dan rapi Cuci Motor ini juga bisa " ditumpangi " oleh moral hazard dari bisnis lain seperti: - Jual aksesoris motor : helm , sarung tangan , stiker , masker  - menjual makanan ringan dan minuman ( Botol Teh , Aqua ) untuk konsumen yang sedang menunggu



Analisis Keuangan






Modal awal
5.000.000
Sewa Tempat
2.000.000
Renovasi Places
5.000.000
peralatan

12.000.000
Total






Biaya Operasional


gaji karyawan 3 @ 500.000
1.500.000
Listrik dan Air
500 000
Sabun, sampo dan semir ban
100 000
Total

2.100.000




penghasilan


1 hari 30 motor @ Rp . 5000 


1 bulan = 30 jam x 30 x Rp . 5000 , - 4.500.000


laba


Pendapatan - Biaya Operasional 2.400.000






Balik modal 5 bulan




Demikianla sedikit ulasan tentang usaha sampingan cuci motor semoga memberikan inspirasi untuk anda semua

Terima Kasih

Salam Hangat