Saturday, November 1, 2014

Langkah Jitu Usaha Sampingan Ikan Gurame Modal 3 juta

usaha sampingan
Usaha Sampingan Ikan Gurame kali ini sebagai kerja sambilan akan meninjau bagaimana memulai budidaya ikan gurame mengikuti tahapan tahapan . Bagaimana memulai budidaya ikan mas pertama adalah bahwa kita harus mengetahui dan memahami baik kualitas ikan mas induk . Tapi pertama-tama kita harus mampu

 

 

Berapa langkah  Usaha Sampingan Ikan Gurame

1. Membedakan antara jantan dan betina

Usaha Sampingan Ikan Gurame
Ciri ikan gurame betina adalah

-Bentuk oval dari perutnya
-Kepala bagian atas ( dahi ) yang datar
-Rahang bawah tipis
-Bintik bintik hitam pada sirip dada .





Periode produksi telur untuk pembibitan ikan gurame umur 6 bulan hingga 7 tahu

Ciri gurame jantan yang baik

-Panjangnya dua kali lebar tubuh . Jadi misalnya, lebar tidak lebih dari 25cm maka panjagnya harus 50 cm .
-Indukan dalam kondisi sehat
-Tidak cacat
-Telah berusia dua sampai lima tahun
-Kepala bagian atas Nonong
-Rahang bawah tebal
-Sirip dada berwarna putih dan tebel .

Untuk harga , paket tersebut satu indukan jantan dan empat betina harga tiga juta rupiah . Perkiraan jika induk menelurkan tiga kali itu akan mengembalikan modal kita . Kolam induk gurame luasnya 10 meter persegi .

 Usaha Sampingan Ikan Gurame2. Membuat kolam pembibitan hingga pembesaran

Kolam pembibitan berukuran . Ada 3 x 3 m , ada 3 x 4 m dan ada 3 x 5 m . Atau bisa disesuaikan dengan keadaan tanah yang kita miliki . Tetapi ukuran yang paling ideal adalah 3 x 5 m persegi.
Ikan gurame  dapat bertelur sepanjang tahun , tetapi produksi akan lebih tinggi pada musim kemarau . Untuk fase pembibitan , hal yang perlu diperhatikan adalah banyaknya indukan , tata letak sarang , panen telur dan kualitas air pembibitan.

Satu kolam pembibitan berisikan satu jantan da empat betina. Prosesnya adalah dengan memasukkan empat ekor betina yang dibiarkan selama satu minggu baru indukan jantan dimasukkan,Tapi sebelum menyiapkan sarang atau sosok yang terbuat dari bambu untuk kawin dan bertelur . Sarang atau tokoh termasuk dalam kolam dengan kedalaman sekitar 30 cm . Tujuannya agar kita bisa memantau induk sudah bertelur atau tidak. Cara mengetahui betina sudah bertelur adalah, air akan berminyak dan mengeluarkan bau amis.

Pemeriksaan sarang yang sudah berisi telur dapat dilakukan dengan menyentuh  dengan lembut . Telur ikan gurame yang baik akan warna  kuning jernih kemudian telur dipisahkan di tempat lain . Telur keruh tidak akan bisa menetas .
 Usaha Sampingan Ikan Gurame


Satu ember yang biasa berisi duaribu lima ratus tapi maksimal berisi tiga ribu butir . Mengapa demikian ? karena proses penetasan membutuhkan oksigen . Dalam waktu 24 jam telr telur akan menetas .



Setelah telur menetas ikan mas bayi biarkan bayi pertama dalam bak selama enam hari saja setelah itu dapat ditransfer ke kolam . Para pejantan -rata dapat menghasilkan 4000 telur dalam satu sel telur .

Itu kalau telur yang dihasilkan dari sisi kanan induk perut . Telur yang dihasilkan dari induk kiri sebalah perut akan menghasilkan 3000 telur . Tetapi jika dua duanya yaitu sisi kanan indukan perut dikeluarkan semua karena nafsu yang tinggi , maka indukan dapat menghasilkan 7000 butir telur .


Usaha Sampingan Ikan Gurame
Induk ikan gurame bertelur rata-rata setiap bulan . Jika dalam waktu satu bulan dari ikan mas kawin dapat bertelur  4000 , 4000 x 25 = 100 rb rupiah . Semakin banyak kita buat , semakin besar kolam penhasilan kita dalam Usaha Sampingan Ikan Gurame