Sunday, November 2, 2014

langkah Sukses Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Usaha Sampingan
Usaha Sampingan ternak puyuh.Tentu saja Anda sudah akrab dengan satu hewan ini , puyuh merupakan salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang yang memiliki bentuk tubuh yang kecil dan kaki pendek . Puyuh dalam bahasa Jawa yang biasa disebut " gemak " dan sering diburu oleh petani ketika di sawah dan di semak-semak . Terkenal karena kelezatan telur puyuh dan daging lezat . Tentunya peluang bisnis peternakan burung puyuh cukup menjanjikan untuk dikembangkan karena permintaan dalam hal peningkatan setiap tahun . Oleh karena itu , saya akan meninjau lengkap Bagaimana betapa menguntungkannya ternak puyuh yang memiliki nilai ekonomi tinggi .


Tip khusus Usaha Sampingan ternak puyuh


Sebelum kita menjalaskan tahap peternakan burung puyuh , akan bermanfaat untuk memberikan alasan mengapa ternak puyuh bisnis yang sangat menguntungkan untuk dikembangkan . Di sini kita secara singkat keuntungan dari ternak puyuh  :

Permintaan meningkat telur puyuh , sedangkan telur puyuh  ketersediaan masih kurang . Tercatat untuk wilayah Jabodetabek permintaan sendiri telur puyuh mencapai 14 juta butir per minggu adalah tetapi pasokan telur hanya tersedia 3,5 juta . Jelas jika Anda ingin ternak puyuh , kesempatan untuk mendapatkan pasar potensial terbuka lebar .


Usaha Sampingan
 Harga puyuh setiap tahun cenderung meningkat
Selain telur , daging puyuh juga terasa sangat lezat dan lezat , begitu banyak dilirik oleh pengusaha kuliner . Tentunya jika Anda bisa melakukan bisnis puyuh  secara konsisten peluang kerjasama dengan pengusaha kuliner menjadi lebih terbuka dan mampu meningkatkan omset

Selain telur dan daging , puyuh kotoran dapat digunakan untuk pupuk dan dapat digunakan sebagai campuran pakan ikan karen dalam kotoran puyuh mengandung nilai protein  cukup tinggi .
Bulu puyuh juga dapat digunakan sebagai sarana kerajinan dan berbagai alat rumah tangga seperti kemucing dan sebagainya .

Tidak memerlukan lahan dan pekarangan yang luas untuk puyuh ternak . Sebagai perbandingan , jika Anda pertanian 1000 ayam kemudian membutuhkan area seluas sekitar 100 m² . Sementara puyuh 1.000 ekor Anda hanya mengatur sekitar 12 m² lahan saja.
Tidak adanya monopoli pasar perdagangan pada puyuh  , sehingga Anda bisa leluasa mencari pasar potensial .

Perdasarkan ringkasan kami di atas , peluang bisnis peternakan burung puyuh karena potensi bisnis ini dari hulu ke hilir dapat dimanfaatkan . Pada dasarnya puyuh ternak tidak memerlukan keahlian khusus , Anda dapat memulai bisnis ini . Di Indonesia pusat peternakan puyuh terletak di kawasan Jawa Timur , Jawa Tengah , Jawa Barat dan Sumatera .

Tahapan Bagaimana Ternak puyuh

1. Persyaratan Lokasi Ternak


Usaha Sampingan
- Haruskah lokasi puyuh ternak cukup jauh dari daerah pemukiman dan mencoba untuk menempatkan cukup tenang sehingga puyuh tidak mudah stres

- Lokasi strategis ternak harus lebih mudah bagi Anda dalam proses transportasi dan penjualan

- Pastikan lokasi bebas dari wabah penyakit hewan

- Perhatikan juga daerah tempat peternakan  rawan banjir atau tidak , jika ya Anda harus menggunakan kandang panggung yang memiliki tiang yang tinggi dan pondasi kokoh

-Cobalah untuk mendapatkan area peternakan untuk sirkulasi udara yang baik

2. Persiapan  Kandang


Usaha Sampingan
Dalam membuat puyuh kandang harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya :

- Kandang memiliki rentang suhu ideal 20-25 ° C suhu dengan tingkat kelembaban berkisar 30-80 %

-Pada siang hari , Anda cukup memberikan penerangan menggunakan 25-40 watt lampu

- Pada malam hari pencahayaan harus mengenakan 40-60 watt lampu

- Lokasi  kandang harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang puyuh

- Secara umum, model  kandang dibagi menjadi 2 jenis sistem kandang ( baterai ) dan sistem litter (lantai sekam )
.
- Kandang berukuran 1 m² dapat menampung anak-anak puyuh 90-100 ekor , jika puyuh sudah mencapai usia 10 hari harus dikurangi dengan jumlah anak-anak untuk 60 puyuh ekor sampai jangka waktu anakan .
Kandang berukuran 1 m² untuk menampung 40 untuk memasuki periode  puyuh bertelur

 Peternakan burung puyuh , kandang dapat dibagi menjadi beberapa jenis , diantaranya;

Kandang untuk indukan pembibitan puyuh

Jenis kandang sangat mempengaruhi hasil produktivitas dan kualitas telur puyuh . Ukuran kandang Seseuaikan Anda membuat jumlah induk dipelihara puyuh . Kandang puyuh ideal untuk digunakan pembibitan merupakan salah satu ekor kandang puyuh dewasa dengan luas 200 m²

Kandang untuk indukan petelur

Kandang ini memiliki ukuran yang sama dengan jenis induk kandang untuk pembibitan , tetapi dalam jenis kandang Anda sedikit dapat meningkatkan kepadatan puyuh dalam kandang .









Kandang untuk Anak puyuh

Usaha Sampingan
Kandang ini digunakan untuk menjaga anak-anak puyuh umur 1 hari - 2 atau 3 minggu . Jenis kandang ini direkomendasikan menggunakan ruang pemanas untuk menjaga puyuh hangat anak . Ukuran kandang puyuh untuk anak-anak idealnya PxLxT 100x100x40 cm dengan tinggi 50 cm kaki kandang , ukuran kandang dapat menampung sekitar 90-100 anak puyuh .





Usaha Sampingan
Kandang Anak puyuh 3-6 minggu

Ukuran , bentuk dan kapasitas puyuh di kandang dengan jenis yang sama meletakkan kandang untuk pembibitan . Secara umum , jenis kandang memiliki basis dalam bentuk ram kawat .

Selain mempersiapkan kandang puyuh untuk hewan , Anda juga harus menyiapkan peralatan pendukung ternak seperti tempat untuk makan dan minum puyuh , bersarang hingga obat sewaktu-waktu bila diperlukan .

3. Pengadaan bibit puyuh


Usaha Sampingan
Dalam puyuh hewan , ada tiga jenis benih tujuan perawatan berbasis , antara lain , sebagai berikut ;

Benih puyuh untuk konsumsi telur ,

Jika Anda ingin pertanian konsumsi telur puyuh untuk tujuan produksi , maka Anda perlu mempersiapkan adalah memilih jenis  betina yang tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya

Benih puyuh untuk produksi daging

Jika ternak ditujukan untuk produksi daging ,Benih  harus dipilih dan jenis puyuh jantan petelur afkiran

Benih untuk memproduksi penetasan telur puyuh

Pilih jenis benih yang memiliki betina telur puyuh produktivitas yang baik dan puyuh jantan yang dipilih sehat dan siap untuk dikawinkan


4. Perawatan puyuh

Jaga Kesehatan kandang

Usaha Sampingan
- Selalu menjaga  kandang puyuh untuk mencegah penyakit dan vaksinasi harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu

- Selalu menjaga kandang puyuh untuk mencegah penyakit dan vaksinasi harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu

Pengecekan penyakit

Lakukan pengendalian penyakit rutin secara teratur dan jika ada satu yang kurang puyuh yang sehat ditunjukkan Yeng segera dipisahkan dari puyuh lain - puyuh untuk mencegah penyakit menular . Segera lakukan pengobatan pada puyuh drama komedi yang direkomendasikan oleh kantor sambungan lokal atau peternakan .

Pakan puyuh


Usaha Sampingan
Ada beberapa bentuk pakan ternak di puyuh tersebut , palet bentuk, bentuk remah-remah dan bentuk tepung . Puyuh untuk memberi makan anak harus diberikan 2 kali pagi dan sore . Seperti dengan remaja dan puyuh dewasa , Anda harus memberikan umpan sekali sehari di pagi hari . Memberikan puyuh minum anak bisa dilakukan sepanjang hari .







Memberikan Vaksinasi dan Obat


Usaha Sampingan
Pada usia 4-7 puyuh hari divaksinasi dengan dosis setengah jumlah total dosis untuk ayam . Vaksin dapat diberikan melalui tetes mata ( intra - okular ) atau bisa menggunakan air minum ( oral ) .










Jadi artikel ini semoga bisa menginspirasi Anda untuk memulai bisnis peternakan dalam Usaha Sampingan ternak puyuh.

Terima Kasih

Salam Hangat